"Aku menCINTAimu karena ALLAH, dengan cara yang diridhai Allah, dalam rangka menuju ridha Allah.-

Minggu, 04 Desember 2011

Metode Membaca Cepat

Metode SQ3R

Teknik SQ3R telah digunakan sejak lama. Sejak dikembangkan Robinson tahun 1940, teknik itu digunakan dalam sejumlah teks untuk proses belajar baca, dalam sejumlah kursus bagaimana cara belajar dan membaca, dan dalam sejumlah kursus membaca efektif yang komersial kepada kalangan bisnis dan kaum profesional.
Langkah-langkah dalam SQ3R 

S-Survey: Cobalah menjadi lebih familier dengan organisasi dan isi umum  bahan yang akan dibaca. Untuk itu lakukan hal-hal berikut.

  • Baca judul

  • Baca mahkota bacaan atau bagian pendahuluan (Jika sangat panjang, baca saja paragraf pertamanya)

  • Baca heding yang dicetak tebal dan kalimat pertama di bawah heding

  • Baca judul tiap peta, bagan, grafik; baca paragaraf akhir atau ringkasannya.

  • Baca pertanyaan di akhir bab

  • Setelah melakukannya, Anda mengenal secara umum tentang apa itu dan bagaimana dia diorganisasikan

Lihat kembali Bab lain "Prabaca" untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail bagaimana cara melakukan survey.

Q-Question: Coba buat pertanyaan-pertanyaan yang dapat Anda jawab ketika membaca. Cara yang paling gampang untuk melakukannya, jadikan heding yang bercetak tebal ke dalam sebuah pertanyaan.

R-Read: Baca bahan, bagian demi bagian. Pada saat membaca, cari jawaban pertanyaan-pertanyaan yang Anda bentuk dari heding bagian itu.

R-Recite: Setelah selesai pada masing-masing bagian --stop. Cek apakah Anda dapat menjawab pertanyaan pada bagian itu. Jika tidak, kembali dan temukan jawabannya. Kemudian, cek kembali daya ingat Anda. Anda perlu yakin bahwa langkah ini dilakukan dengan baik pada tiap-tiap bagian.

R-Review: Jika sudah menyelesaikan seluruh bacaan yang menjadi tugas Anda, kembalilah pada tiap-tiap heding; coba sebutkan kembali pertanyaannya dan kemukakan jawabannya. Lalu, teslah diri Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar