"Aku menCINTAimu karena ALLAH, dengan cara yang diridhai Allah, dalam rangka menuju ridha Allah.-

Jumat, 27 Januari 2012

Akidah Islam

"Katakanlah (wahai Muhammad) Dia ialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia Tiada beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada siapapun  yang setara dengan-Nya" (al-Ikhlas : 1-4)


A.Pengertian, Dasar dan Tujuan Aqidah Islam

1.Pengertian Aqidah Islam
Menurut bahasa, kata aqidah berasal dari bahasa Arab,yaitu : "Aqoda-Ya'qidu-'Uqdatan-Wa'aqiidatan", yang artinya adalah ikatan,simpulan atau perjanjian.
Menurut istilah aqidah adalah dasar keyakinan yang harus dipegang teguh oleh orang yang mempercayainya.
Imam Al-Gozali menyatakan apabila aqidah telah tumbuh pada jiwa seorang muslim, maka tertanamlah dalam jiwanya rasa bahwa hanya Allah sajalah yang paling berkuasa,segala wujud yang ada hanyalah makhluk belaka. (Al-Gozali.Khulul Al-Islam.(Kwait-Dar Al-Bayan 1970).H.117).
Menurut Muhammad Naim Yasin aqidah adalah keimanan/aqidah terdiri dari 3 unsur: 
   a. Pengikraran dengan lisan ; 
   b. Pembenaran dengan hati ; 
   c. Pengamalan dengan anggota badan.
Jadi,aqidah adalah "Pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap muslim,berdasarkan dalil-dalil Naqli dan Aqli".

2.Dasar-dasar Aqidah Islam
Sesungguhnya dasar-dasar aqidah Islam tidak lain adalah dasar dari ajaran agama Islam itu sendiri,yaitu :
   a.Al-Qur'an (Firman Allah Swt)
   b.Al-Hadist (Sunnah Rasulullah Saw)
Rasulullah Saw bersabda:
"Telah kutinggalkan kepadamu dua pedoman.Jika kamu tetap berpegang kepada keduanya,kamu tidak akan tersesat selama-lamanya,yakni Kitabullah (Al-Qur'an) dan Sunnah Rasullullah".
Aqidah Islam disusun atas dasar dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Al-Hadist.Di dalam Al-Qur'an banyak disebut pokok-pokok aqidah seperti tentang nama-nama (Asma'ul Husna) dan sifat-sifat Allah (Sifat 20 :Wujud,qidam,dll), Malaikat-malaikat Allah, Kitab-kitab Allah, hari kiamat, syurga neraka dan sebagainya.(Q.S.Al-Baqarah : 285)

c.Tujuan Aqidah Islam
   a.Memupuk dan mengembangkan dasar Ketuhanan yang ada sejak lahir. (Q.S.Al-A'raf : 172-173)
   b.Memelihara manusia dari kemusyrikan
   c.Menghindarkan diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan

d.Aqidah Islam dan Aqidah Para Nabi Sebelumnya
Kita tahu bahwa para rasul yang ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan ajaran dan risalah-Nya kepada umat manusia bukan hanya Nabi Muhammad Saw.Ada 25 rasul yang diutus untuk menyampaikan ajaran-Nya kepada umat manusia.Nabi Adam A.s. adalah rasul pertama dan Muhammad Saw adalah rasul terakhir yang diutus oleh Allah.Aqidah Islam adalah aqidah yang dibawa oleh Nabi Muhammad.Apa hubungannnya antara aqidah yang dibawa Rasulullah Muhammad Saw dengan ajaran rasul-rasul terdahulu?
Pada prinsipnya,antara aqidah yang dibawa oleh Rasulullah dengan rasul-rasul sebelum beliau tidak berbeda karena sumbernya sama,yakni Allah Swt.Sejak Nabi Adam sampai Rasulullah Saw,aqidahnya sama,yaitu semuanya menyakini akan adanya Allah dan mengesakan-Nya.Semuanya mempercayai hal-hal yang gaib,mempercayai adanya hari kiamat dan sebagainya.
Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat As-Syura ayat 13 :
"Dia telah mensyariatkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah kami wasiatkan kepada Ibrahim,Musa dan Isa,yaitu : Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya.Amat berat bagi orang-orang musyrik,agama yang kamu seru kepadanya,Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya)."
Ajaran para rasul hanya berbeda dalam syariatnya saja,dalam hal amalan saja.Hal itu terjadi karena perbedaan situasi dan kondisi masyarakat yang dihadapinya.

e.Keistimewaan Aqidah Islam
1.Keasliannya terpelihara sepanjang masa
"Sesunggunya kamilah yang menurunkan Al-Qur'an dan sesungguhnya kami benar-benar menjaganya."(Q.S.Al-Hijr:9)
2.Aqidah Islam sesuai dengan fitrah manusia
"Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah) ;(tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu.Tidak ada perubahan pada fitrah Allah.Itulah agama yang lurus,tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."(Q.S.Ar-Rum : 30)
3.Kesesuaian dengan akal sehat
"Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan dari bumi,yang dapat menghidupkan (orang-orang mati)?Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah,tentulah keduanya binasa.Mahasuci Allah  yang mempunyai 'arsy daripada yang mereka sifatkan."(Q.S.Al-Anbiya : 22)

f.Cara Memelihara Aqidah Islam
1.Selalu beristiqomah dalam beribadah kepada Allah
2.Berdo'a,berdzikir dan bertawakal kepada Allah
3.Menjauhi diri dari perbuatan maksiat
4.Menjauhi diri dari perbuatan munafik dan fasik
5.Dan sebagainya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar