"Aku menCINTAimu karena ALLAH, dengan cara yang diridhai Allah, dalam rangka menuju ridha Allah.-

Minggu, 06 Mei 2012

Ngantuk Sehabis Olahraga, Pasti Ini Penyebabnya

Setelah berolahraga seharusnya seseorang merasa segar dan semangat beraktifitas. Tapi pada beberapa orang tertentu justru merasa ngantuk. Apa penyebab rasa kantuk setelah olahraga?

Para ahli mengungkapkan olahraga seharusnya membuat seseorang merasa lebih baik karena bisa meningkatkan energi. Namun jika yang muncul adalah rasa kantuk maka sebaiknya cari tahu penyebabnya, sehingga kegiatan olahraga ini tidak terhenti sampai disitu saja.

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang jadi ngantuk setelah olahraga seperti dikutip dari Livestrong, Senin (2/4/2012):

1. Penyebab paling umum adalah ia berolahraga dalam kondisi energi yang rendah dalam tubuh.

Misalnya baru selesai bekerja langsung olahraga tanpa makan beberapa jam sebelumnya sehingga cadangan glikogen menipis atau baru bangun tidur langsung berolahraga.

Hal ini karena tubuh memilih menggunakan karbohidrat dan glikogen selama latihan sementara cadangannya sedikit, sehingga membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk setelahnya karena kekurangan energi.

2. Olahraga secara berlebihan (overtraining) yang membuat seseorang terlalu banyak latihan dan tidak memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk melakukan pemulihan.

Selain mengantuk ada gejala lain yang timbul dari overtraining sepeti rasa sakit di otot, mual, serta stres. Kondisi ini meningkatkan risiko cedera dan penyakit akibat adanya penekanan pada sistem kekebalan tubuh.

3. Kondisi medis seperti diabetes, kadar gula darah rendah, anemia dan tiroid yang kurang aktif (hipotiroid) juga bisa menyebabkan kelelahan dan kantuk setelah olahraga.

Kondisi ini membutuhkan bantuan dokter untuk mengatasinya karena terkadang butuh bantuan obat-obatan.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa kantuk setelah olahraga adalah:
1. Mencoba melakukannya di pagi hari
2. Berolahraga di waktu yang berbeda
3. Mengonsumsi makanan ringan yang sehat setidaknya 1 jam sebelum olahraga
4. Istirahat yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar